Rabu, 05 September 2012

Pengertian Proxy dan Fungsinya



kata guru aq ,, Klw belajar jgn setengah-setengah !!!

PROXY ?. Pengertian dari proxy yaitu sebuah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk menerima / melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet atau intranet.  Proxy server bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer klient. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dari komputer klient.




Proxy server juga bisa berfungsi untuk mengamankan jaringan pribadi yang terhubung langsung ke  jaringan publik. Proxy server bekerja dengan mendengarkan permintaan-permintaan dari klient internal dan mengirimkannya ke jaringan external, seolah-olah proxy server tersebut menjadi klient. Ketika proxy server menerima respon dari server publik ia akan memberikan reSpon tersebut ke klien asli, seolah-olah ia publik server.


Cara menggunakan Proxy

Sebenarnya cara menggunakan proxy ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencari penyedia proxy, seperti 
http://www.freeproxylists.net/
dan masih banyak situs penyedia lainnya yang memberikannya secara gratis.

Secara umum format proxy tersebut adalah :

41.145.61.203:8080

=> 41.145.61.203 = menunjukkan IP address, dan
=> 8080  = Menunjukkan Portnya.

Biasanya yang proxy dimanfaatkan sebagian pengguna internet untuk menyembunyikan identitas ketika berselancar di internet. Dengan proxy seseorang bisa bersetatus Anonymous di dunia internet. Dengan cara ini Anda yang menggunakan proxy tidak akan dapat dilacak, karena anda menggunakan IP dari penyedia proxy, jadi anda tidak lagi menggunakan IP jaringan (modem) anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cursor